kursor

Kamis, 06 September 2012

first story...


My name is joko
Pagi yang sangat cerah disaat itu ,terdengar suara ayam berkokok membangunkanku , aku pun beranjak dari tempat tidurku .karena ini adalah hari pertama aku masuk SMA ,karena aku sekarang sudah beranjak dewasa,aku pun lekas mandi saat itu juga ,selang beberapa menit kemudian .
“bu,,,tadi malam paman telpon katanya lusa depan ,paman mau datang kesini,”ucapku kepada ibu
“yo wes lah gimana kabar pamanmu itu ko ?”tanya ibuku
“Alhamdullilah baik” jawab ku
“emang ada urusan apa pamanmu mau datang ke wonosobo ?” tanya ibu lagi
“katanya paman mau menitipkan Ratna ke sini,soalnya paman mau ke luar kota ,ya untuk beberapa minggu ke depan Ratna akan tinggal disini” gumamku seraya aku duduk di kursi meja makan
***
Pagi itu udara di luar sangat bersahabat ,ibu masih menyiapkan makan pagi di meja makan sejak tadi bapak dan kakakku sudah duduk,waktu terus berjalan tak terasa sudah menunjukan pukul 06.40,aku pun lekas memakai sepatu karena di hari pertama masuk SMA aku tidak mau terlambat sekolah.
Aku pun lekas berangkat sekolah dan pamitan kepada kedua orang tuaku dan kakaku,jarak rumah ke sekolahku lumayan cukup jauh .aku biasanya selalu mengguankan andong untuk samapai kesekolah, memang kedengarannya sangat aneh sih di jaman modern ini masih ada kendaraan tradisional .tanpa pikir panjang aku pun berangkat ke sekolah,sesampainya di sekolah aku terdiam sejenak mengatur nafasku karena aku sedikit gerogi dan sedikit malu.
“hai..ko kesini” teriak seorang anak laki-laki memanggil namaku ,ternyata dia adalah didit teman ku dan sekaligus kakak kelas ku,akupun menghampiri didit.
Kemudian aku dan didit pergi untuk melihat suasana kelas, akupun masuk kedalam kelasku didit pun juga begitu,di dalam kelas aku berbincang – bincang dengan temanku yang lainnya ,bel pun berbunyi ,pertanda jam pelajaran akan di mulai
***                                                                                                                                                                     
Hari ini aku ingat jam pelajaran pertama adalah bahasa inggris , hatiku sangat senang karena bahasa inggris adalah pelajaran favoritku
“assalamualikum” ucap wanita,di balik pintu dengan memakai kerudung berwarna abu-abu.
“waalaikum sallam “ jawab ku dan semua teman ku yang lainnya.
“bagaimana senang tidak sekolah di SMA 6 wonosobo ?”Tanya guruku
“senang bu” jawab semua siswa
“sebelum  belajar mari kita berkenalan dahulu” ucap guruku sambil tersenyum kecil
***                                                                                                                     
Saat itu pun jam pelajaran pertama berlangsung ramai  semua teman-temanku bercerita tentang masa-masa SMP nya.
Aku tersenyum dengan lesung pipiku yang kempot saat melihat salah satu temanku bercerita tentang masa SMP nya dengan berbica bahasa inggris tapi logak jawanya tidak ketinggalan dan masih kental,aku sempat berpikir “aneh juga ya kalau orang jawa  ngomong bahasa inggris tapi masih ada logak jawanya” pikirku
***                                                                                                                     
Jam pelajaran pun terus berlangsung sampai bel terakhir pun berbunyi pertanda saatnya pulang.
Riuh suara pun terdengar ramai saat semua siswa keluar dari gerbang sekolah.
***                                                                                                                     
Sesampainya dirumah terdengar suara ibu sedang mengobrol dengan seorang wanita,pikirku siapa ? .
Saat aku membuka pintu rumah dan tak lupa ku ucapkan salam ,ternyata wanita itu adalah ibu sari,beliau adalah sahabat SMA ibuku.
“wah,ini joko to ? wis gede yo?”ucap bu sari
Aku tersenyum,kepada ibu sari dan tak lupa aku pun mencium tangan bu sari.
“gimana  ko,rame sekolahnya ?” Tanya ibuku
“alhamdullilah ,rame wis seneng joko bu” gumamku sambil tersenyum kepada ibuku
“yo wes kalau begitu makan dulu sana ,ibu sudah siapkan makanannya di meja” ucap ibu
“oh iya makasih bu” ucapku
Aku pun lekas beranjak dari ruang tamu dan menuju ke kamarku untuk ganti baju  dan untuk sembahyang ashar ,selang beberapa menit kemudian aku pun lekas menuju meja makan untuk menyantap makanan buatan ibuku. Aku menikmati suapan demi suapan masakan ibu ,kebetulan menu hari ini adalah sambel  ijo dan tempe gemblong.
Ahh,,senangnya diriku karena ini adalah menu kesukaan ku.
Setelah selesai makan aku pun lekas pergi ke kamar dulu untuk mengerjakn tugas-tugas yang telah di berikan guru sewaktu tadi  belajar di sekolah ,satu persatu soal pun ku kerjakan dengan telitinya.
“ko,,,kemari nak “ teriak ibu di ruang tamu
Aku pun berhenti sejenak dan meletakan alat tulis ku di atas buku tulis.
“yo wes bu ,,sebentar” ucapku sambil teriak ,karena jarak kamarku ke ruang tamu sedikit berjauhan
Akupun keluar dari kamarku.
“ini ko bu sari mau pamitan pulang “ucap ibuku
“joko ,,ibu mau pulang dulu ya ,takut kesorean rumah gak ada yang  jaga“ ucap  bu sari
“iya bu hati-hati ya di jalan nya “ucapku
“iya,,wasalamualaikum” ucap bu sari
“walaikum salam”ucapku dan ibuku
***                                                                                                                              
Aku duduk sejenak di kursi tamu bersama ibuku dan aku bercerita sedikit tentang kejadian di sekolah tadi ,soal anak yang berbicara bahasa inggris tapi masih ada logak jawanya .
Ibuku tersenyum kecil saat mendengar ceritaku,
“apa pantes ya bu,,orang jowo ngomong bahasa inggris ?“ tanyaku
“yo wes lah pantes ,,kan tidak ada salahnya seorang manusia mempunyai impian ,dan percaya diri itu jadi kunci utamanya” jawab ibuku sambil tersenyum
***                                                                                                                              
Ngomong apa aku ini ,pertanyaan sepele saja harus di pertanyakan kepada ibuku, memang sih impian terbesarku aku ingin pergi ke new York Amerika,,ah tapi itu hanya khayalan ku saja kapan dan umur berapa aku bias kesana ?.
Aku lekas beranjak dari kursi tamu dan masuk menuju kamar tidur untuk mengerjakan kembali tugas yang belum ku selesaikan ,waktu pun terus berjalan suara adzan berkumandang ,saatnya aku melaksankan sembahyang kembali ,
Selesai bersembahyang aku pun tiduran di ranjang .
Ahh,,lelahnya hari ini tanpa melihat jam aku pun lekas tidur.
*** 
                                                                                                         
 Keesokan harinya aku pun terbangun dari tidurku tak tersa aku tidur sudah seharian dan sekarang sudah berganti hari yang kedua ,waktu sudah menunjukan pukul 05.40 aku pun beranjak dari tempat tidurku .
Hal yang sama ku lakukan dengn hari yang kemarin yaitu sarapan,memakai baju sekolah,memakai sepatu,dan pamitan kepada kedua orang tuaku.dan selanjutnya berangkat menuju sekolah ,itulah yang akan kulakukan saat aku akan berangkat sekolah
***                                                                                                                              
Sesampainya di sekolah aku melihat orang-orang sedanng  membaca pengumuman yang ada di mading (majalah dinding) aku pun melihatnya sendiri ,ternyata ada pengumuman olimpiade bahasa inggris,tanpa pikir panjang aku pun langsung lari menuju kantor guru dengan senyuman harapan untuk mendaftarkan diri.
Setelah selesai mendaftarkan diri aku bersaing dengan seluruh siswa yang lainnya ,untuk melakukan test yang pertama .
Selang beberapa menit kemudian setelah test di lakukan kemudian hasil test tersebut di bacakan ,10 daftar orang 1 sampai selanjutnya pun di bacakan .
Aku pun harap-harap cemas karena namaku pasti tidak disebutkan .Tapi nasib berkata lain akhirnya namaku di sebutkan di urutan 9 ,aku bersyukur bahagia saat namaku disebutkan.
Tanpa reaksi panjang lebar aku menelpon ibuku
“assalamualaikum bu” ucap ku
“walaikum salam ko ,ada apa ko ?” jawab ibuku sambil bertanya
“bu,,alhamdullilah joko lulus test untuk olimpiade inggris ,,minggu depan joko akan pergi ke Jakarta “ ucapaku
“beneren ko,,ibu bahagaia sekali,,?” Tanya ibuku lagi
“iya bu” jawabku
Setelah kabar gembira itu ku ceritakan kepada ibuku,mental ku kini mulai terpacu untuk percaya diri .
***                                                                                                                                Seminggu kemudian aku berangkat ke Jakarta dan sekitar 1 minggu aku akan melaksanakan seleksi dan kali ini pesaingku dari seluruh Indonesia ,karena 3 besar yang terpilih akan berangkat ke new York America.aku pamitan kepada kepada keluargaku dan meminta doa,dan ibuku sempat berbicara kepada “railah mimpimu ibu pasti akan mendoakan mu”
Pesan singkat yang ku dengar dari ibuku,lalu aku berangkat ke Jakarta dan sesampainya di Jakarta aku melakukan test yang kedua.
***
Jantungku berdetak kencang saat melakukan test kedua itu
Selang beberapa jam kemudian hasil test kedua pun di bacakan oleh panitia penyelenggara ,kali ini jantungku benar-benar berdetak dengan sangat kencang ,berharap namaku  bisa di sebutkan untuk yang kedua kalinya.
“kabulkan doaku selama ini ya allah “ ucap ku dalam hati
Aku tak menyangka ,impianku ,harapanku,doaku,kini terwujud sudah ,aku terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk pergi ke America.
Tangis dan gembira menjadi satu ,tanpa reaksi yang berlebihan aku pun menelpon keluargaku untuk yang kedua kalinya lagi memberikan kabar gembira ini.
Benar apa kata ibuku bahwa mimpi itu pasti akan tercapai ,asalakan kita bersungguh-sungguh menjalankannya..
Terjawab sudah impianku selama ini,ya itulah hidup dan inilah diriku “my name si joko” seorang anak dari daerah wonosobo yang tercapai impiannya di umur yang masih muda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar